Langsung ke konten utama

Fakta seputar kista ovarium

Fakta seputar kista ovarium - Kista ovarium adalah kantung berisi cairan di ovarium. Mereka biasa terjadi dan biasanya terbentuk saat ovulasi. Ovulasi terjadi saat ovarium melepaskan telur setiap bulan. Banyak wanita dengan kista ovarium tidak memiliki gejala. Kista biasanya tidak berbahaya.

Fakta seputar kista ovarium



Jenis kista ovarium yang paling umum (disebut kista fungsional) terbentuk selama siklus menstruasi. Mereka biasanya jinak (bukan kanker). Dua tipe kista yang paling umum adalah:
  • Kista folikel. Dalam siklus menstruasi yang normal, ovarium melepaskan telur setiap bulannya. Telur tumbuh di dalam kantung kecil yang disebut folikel. Saat telur matang, folikel pecah untuk melepaskan sel telur. Kista folikel terbentuk saat folikel tidak pecah untuk melepaskan sel telur. Hal ini menyebabkan folikel terus tumbuh menjadi kista. Kista folikel sering tidak memiliki gejala dan hilang dalam satu sampai tiga bulan.
  • Kista luteum Corpus. Setelah folikel pecah dan melepaskan telur, kantung folikel kosong menyusut ke dalam massa sel yang disebut korpus luteum. Corpus luteum membuat hormon untuk mempersiapkan telur berikutnya untuk siklus menstruasi berikutnya. Kista luteum Corpus terbentuk jika kantungnya tidak menyusut. Sebagai gantinya, kantung reseals itu sendiri setelah telur dilepaskan, dan kemudian cairan terbentuk di dalamnya. Sebagian besar kista korpus luteum hilang setelah beberapa minggu. Tapi, mereka bisa tumbuh hampir empat inci. Mereka juga mungkin berdarah atau memutar ovarium dan menyebabkan rasa sakit. Beberapa obat yang biasa menyebabkan ovulasi dapat meningkatkan risiko terkena kista ini.

Kista ovarium biasa terjadi pada wanita dengan periode menstruasi. Faktanya, kebanyakan wanita membuat setidaknya satu kista folikel atau korpus luteum setiap bulannya. Anda mungkin tidak sadar bahwa Anda memiliki kista kecuali ada masalah yang menyebabkan kista tumbuh atau jika beberapa kista terbentuk. Sekitar 8% wanita pramenopause mengembangkan kista besar yang memerlukan perawatan

Baca juga : Obat kista ovarium tanpa operasi

Kista ovarium kurang umum setelah menopause. Wanita postmenopause dengan kista ovarium memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker ovarium.

Pada usia berapa pun, temui dokter Anda jika Anda merasa memiliki kista. Temui dokter Anda juga jika Anda memiliki gejala seperti kembung, perlu buang air kecil lebih sering, tekanan panggul atau nyeri, atau pendarahan vagina abnormal (tidak biasa). Ini bisa jadi tanda kista atau masalah serius lainnya.

Bisakah kista ovarium bisa menyebabkan kanker?
Ya, beberapa kista ovarium bisa menjadi kanker. Tapi kebanyakan kista ovarium tidak bersifat kanker.

Risiko kanker ovarium meningkat seiring bertambahnya usia. Wanita yang sudah lewat menopause dengan kista ovarium memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker ovarium. Bicaralah dengan dokter Anda tentang risiko kanker ovarium. Skrining untuk kanker ovarium tidak direkomendasikan untuk kebanyakan wanita.3 Ini karena pengujian dapat menyebabkan "false positive." Positif palsu adalah hasil tes yang mengatakan seorang wanita memiliki kanker ovarium saat dia tidak.

Bagaimana kista ovarium mempengaruhi kehamilan?
Kista ovarium biasa terjadi selama kehamilan. Biasanya, kista ini jinak (tidak bersifat kanker) dan tidak berbahaya. Kista ovarium yang terus tumbuh selama kehamilan bisa pecah atau bengkak atau menimbulkan masalah saat melahirkan. Dokter Anda akan memantau kista ovarium yang ditemukan selama kehamilan.

Dapatkah saya mencegah kista ovarium?
Tidak, Anda tidak bisa mencegah kista ovarium fungsional jika Anda berovulasi. Jika Anda sering mendapatkan kista ovarium, dokter Anda mungkin meresepkan pengendalian kelahiran hormonal untuk menghentikan Anda dari berovulasi. Ini akan membantu menurunkan risiko terkena kista baru.

Komentar

Pos populer dari blog ini

Obat sinusitis yang dijual di apotik

Obat sinusitis yang dijual di apotik
Obat sinusitis yang ada di apotek apa ? Obat sinusitis yang dijual di apotik mungkin banyak macamnya, tapi obat sinusitis yang sudah terbukti manjur QnC Jelly Gamat obatnya.
Perlu anda ketahui QnC Jelly Gamat tidak bisa anda dapatkan di apotek manapun karena kami selaku Agen pusat sekaligus Distributor tunggal QnC Jelly Gamat hanya memasarkan produk ini secara online. Jadi pesan QnC Jelly Gamat sekarang juga BARANG SAMPAI BARU BAYAR.
Sekilas tentang sinusitis Apa itu penyakit sinusitis ? Sinusitis merupakan penyakit peradangan atau inflamasi yang terjadi pada bagian rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi (SINUS). Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak anak, hingga orang dewasa.

Penyebab penyakit sinusitis kebanyakan terjadi karena adanya infeksi virus yang menyerang bagian sinus, sehingga pada akhirnya menyebabkan peradangan pada bagian anggota tubuh tersebut.
Seseorang yang menderita penyakit …

Cara membuat obat miom dari daun sirsak

Cara membuat obat miom dari daun sirsak Mengolah daun sirsak untuk obat penyakit miom bisa dilakukan dengan merebus daun sirsak, Cara membuat obat miom dari daun sirsakini sebagai obat mioma uteri yg ampuh cukup mudah. Dan berikut dibawah ini adalah pemabasahannya.
Langkah pertama cara membuat obat miom dari daun sirsak adalah sediakan 10 sampai 15 lembar daun sirsak, kemudian cuci sampai bersih, setelah itu panaskan kira kira 2 sampai 3 gelas air dalam panci dan masukkan juga daun sirsak. Tunggu sampai mendidih hingga air rebusan daun sirsak berkurang setengahnya. Jika sudah diamkan beberapa menit sampai hangat, lalu tuangkan kedalam gelas dan air rebusn daun sirsakpun bisa anda minum.
Cara membuat obat miom dari daun sirsak Seperti itulah Cara membuat obat miom dari daun sirsak yang bisa anda lakukan sendiri dirumah. Daun sirsak dipercaya dapat membantu mengobati penyakit miom karena didalam daun ini terdapat 34 kandungan senyawa Cytotoxic yang dapat membunuh sel-sel tubuh yang men…

Cara mengobati sinusitis tanpa operasi

Cara mengobati sinusitis tanpa operasi
Ini dia cara mengobati penyakit sinus tanpa operasi, Cara mengobati sinusitis tanpa operasi dan tanpa obat bisa dengan menggunakan air garam, dan berikut adalah langkah langkahnya.

Cara mengobati sinusitis tanpa operasi Pertama sediakan garam murni yang tidak dibelum tercampur dengan yodium
Kemudian sediakan juga teko kecil atau ceret air yang ukuran kecil
Setelah semua bahan bahan terkumpul masukan air hangat kedalam teko tadi
Lalu tambahkan seperempat sendok (secukupnya saja) garam murni
Aduk sampai garam tersebut larut dalam air
Kemudian masukan lubang teko kedalam lubang hidung sebelah kiri lalu miringkan kepala agar air garam keluar dari lubang hidung sebelah kanan
Lakukan juga sebalikanya, masukan lubang teko atau ceret ke lubang hidung sebelah kanan agar air garam keluar dari lubang hidung sebelah kiri

Seperti itulah Cara mengobati sinusitis tanpa operasi dan tanpa mengkonsumsi obat. Perlu anda ingat jika dengan cara seperti ini penyakit…